Tuesday, January 18, 2011

cara masuk mimpi orang lain

Lucid Dream adalah keadaan dimana kita sadar kalau kita sedang bermimpi. Dengan kata lain, tujuan penelitian ini adalah membuat seseorang dapat masuk ke keadaan lucid dream secara sadar dan sesuai keinginan. Lucid Dream terbagi dua.
1.Dream Initiated Lucid Dreaming (DILD)
adalah keadaan saat kita sadar kita sedang berada dalam mimpi SAAT sedang di tengah mimpi. Ini lebih sering terjadi, dan ini lebih ke arah kebetulan.
2.Wake Initiated Lucid Dreaming (WILD)
adalah keadaan lucid dream yang disengaja.

Oneironaut adalah orang yang bisa bebas menjelajahi mimpi, dan menurut penelitian, keadaan ini seharusnya dapat dilatih! Ada beberapa tokoh sejarah yang tercatat sebagai Oneironaut. Salah satunya, untuk contoh, adalah Richard Feynman, peraih nobel fisika yang terkenal saat berhasil menemukan kenapa Shuttle Chalengger meledak. Dia seorang Oneironaut natural, bisa dibaca di catatan-catatannya di bukunya.

Bagaimana cara menjadi oneironaut? Richard Feynman mencobanya dan berhasil hanya dalam sekali coba. Caranya adalah dengan menjaga kesadaran saat kita mulai tertidur.

Mengerti? Biasanya, kita tak sadar dan tiba-tiba saja sudah terbangun keesokan harinya. Kapan tepatnya kita tertidur? Untuk menjadi seorang oneironaut, kita harus melatih diri dan berusaha memperhatikan kapan tepatnya kita tertidur. Saat kita berhasil sadar saat menembus membran antara bangun dan tidur ini (dikenal dengan istilah hypnagogic state), secara teori kita akan bisa sadar saat tiba di alam mimpi.


Cara ini disebut Wake initiation of lucid dream (WIoLD). Teknik Step by stepnya adalah seperti ini:

1.Konsentrasi dan Relaks. Tutup mata dan konsenerasikan pikiran ke relaksasi sekujur tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kontrol pernafasan dan lambatkan.

2.Buka mata pikiran. Maksudnya, coba buat bayangan visual sementara mata kita tertutup.

3.Jaga pikiran agar tetap sadar. Inti dari WIoLD adalah membuat tubuh relaks tetapi pikiran terjaga dalam keadaan santai. Kalau pikiran tegang, tubuh tidak akan mau tidur.Cara ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya berhitung, membayangkan diri sedang naik turun tangga, dan lain sebagainya. Fase 2 dan 3 dapat dilakukan sendiri sendiri atau bersamaan.

4.Ini adalah fase utama, perhatikan baik-baik. Kebanyakan orang (termasuk saya) sering berhasil tiba di fase ini tapi gagal masuk ke fase selanjutnya. Padahal barrier antara dunia nyata dan dunia mimpi sudah setipis kertas.

Saat kita tiba di hypnagogic state dalam keadaan sadar, kita biasanya akan mengalami sleep paralysis (yang biasa dikenal dengan diduduki jin saat tidur), mendengar suara-suara keras, sulit bernafas, sensasi jatuh atau berputar-putar, dan perasaan melayang ke dimensi lain. Kebanyakan orang akan panik dan terbangun. JANGAN! Tenangkan diri. Tenang saja, belum ada orang mati karena masuk ke alam mimpi. Pertama mungkin akan panik dan terbangun, tapi kalau cukup sering tiba di fase 4 ini, mudah-mudahan rasa panik itu akan hilang.

5.Ini adalah fase setelah kita berhasil tiba di alam mimpi. Kita akan mengalami sensasi seperti berada di ruangan atau terowongan yang gelap gulita. Kadang orang sudah sampai sini, panik, dan terbangun. SAYANG SEKALI!!!

Saat kita tiba di sini, dengan berkonsenterasi cukup keras, kita dapat memilih dan menjelajahi mimpi kita sendiri. Dan kita secara resmi berhasil menjadi seorang Oneironaut

Tentu saja, ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Oleh karena itu, saya meneliti cara-cara yang bisa dilakukan untuk mempermudahnya. Cara-cara tersebut adalah:

1.Dream Recall
.
Ini adalah teknik paling dasar dan harus dilakukan terus menerus. Sediakan pensil dan kertas di sebelah kasur kita, dan setiap kita bangun tidur, langsung catat apapun yang teringat dari mimpi kita. Banyak orang sulit mengingat mimpi, cara ini akan membiasakan otak untuk mengingat mimpi. Dream Recall juga akan membantu memperjelas Lucid Dream.
2.Makan Pisang.
Serius. Pisang mengandung banyak Tryptophan dan Vitamin B6 per gramnya. Tryptophan, akan diubah menjadi Serotonin di otak, dibantu oleh Vitamin B6. Serotonin adalah zat kimia yang mengatur mood, ingatan jangka pendek, dan MIMPI di dalam otak. Beberapa bahan makanan lain mengandung Serotonin cukup banyak, misalnya tomat dan kacang. Tapi serotonin sulit diserap oleh otak, karena terhalang oleh blood-brain barrier yang melingkupi otak. Coba makan banyak pisang tiap hari, terutama setelah makan malam.
3.Wake-Back-to-Bed (WBTB)
Ini adalah teknik untuk berusaha langsung masuk ke fase REM (Rapid Eye Movement), yaitu fase tidur saat terjadinya mimpi. Tidurlah dalam keadaan lelah, kemudian bangun 5 jam kemudian. Dalam keadaan mengantuk, konsenterasilah pada teknik WIoLD.

Untuk orang yang kesulitan sadar sampai hypnagogic state, bisa juga menggunakan cara ini: pasang jam weker/minta orang bangunkan 1/2 jam-1 jam setelah kita mulai berusaha tidur. Biasanya kita mulai kehilangan kesadaran pada waktu itu. Tapi jangan bangun! tetap dalam kondisi setengah tidur, coba lagi teknik WIoLD dan berusaha sadar menembus hypnagogic state sekali lagi.

Orang dengan pikiran visual. Ada beberapa tipe pikiran manusia, yaitu Visual, Literal, dan Kinestetis. Orang dengan tipe pikiran visual dapat membayangkan benda secara visual saat menutup mata, orang berpikiran literal akan membayangkan DESKRIPSI benda, dan orang bertipe kinestetis akan membayangkan GERAKAN atau dia sedang MENGGUNAKAN benda.

Cara sederhana membedakan 3 tipe pikiran itu, seorang pemilik pikiran visual mudah belajar menggunakan gambar, pemilik pikiran literal dengan membaca atau mendengarkan, dan kinestetis dengan menulis atau berbicara keras-keras.

Seorang visual juga tidak bisa berhitung dalam hati dan membaca dalam waktu yang bersamaan, sementara seorang literal dan kinestetis (saya lupa urutannya) tidak bisa berhitung dalam hati sambil berbicara, dan tidak bisa bicara sambil berhitung dalam hati.

Kebanyakan artis dan desainer memiliki tipe pikiran visual, penulis memiliki tipe pikiran literal, dan atlet memiliki tipe pikiran kinestetis. Saya pribadi, adalah seorang literal. Bagi kalian yang merasa memiliki tipe pikiran visual

43 comments:

  1. senangnya bisa menemukan artikel ini, saya sering sekali mngalami sleep paralysis, setiap kali memasuki fase itu, saya selalu panik, dan berusaha membangunkan diri sendiri sampai benar2 terasa lelah sekali, tak pernah terpikirkan untuk membiarkan diri saya terjebak pd fase itu karena saya takut tdk bisa bangun lagi dan mati saat tidur :D tapi beberapa kali saya pernah mgontrol mimpi saya, yg sy inginkan terjadi ya terjadi dimimpi itu, walaupun perlu konsentrasi yg sy rasakan sulit sekali yang akhirnya sedikit mnimbulkan sakit kpala, saya membicarakannya dg beberapa teman tp tidak ada yg prnah mrasakan hal yg persis sama spt saya, saya mengira ada yg salah pd diri saya, karena tiap malam saya tdk pernah absen bermimpi, tp setelah membaca artikel ini, pikiran saya jd lbh terbuka...

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah saya mendapat ilmu baru dari artikel ini,,?
    saya hampir sama dengan lovelia,,?
    sampe fase 4 saja habis itu terbangun kalau tidak terbangun berusaha untuk terbangun,,?
    saya tidak mengerti kenapa kug bisa terjadi seperti itu,,?
    setelah membaca artikel ini akan saya coba melanjutkan ke fase berikutnya,,?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. http://www.grosserba.com/

    nice post saya sering mengalami yang disebut diduduki jin bahkan saya pernah berada pada lorong atau goa di tengah laut yang banyak ikan buasnya setelah sampai diujung goa saya melihat mata satu merah saya jadi takut lalu kabur untuk kembali ke alam nyata namun saya juga pernah berhasil dengan mudah masuk kealam mimpi orang tanpa proses-proses yang menakutkan seperti yang anda ulas namun setelah melihat tulisan tidak ada orang yang mati karena masuk alam mimpi saya jadi tertarik untuk men cobanya lebih jauh lagi agar saya lebih mengenal lebih jauh alam mimpi

    terima kasih atas artikelnya

    http://www.grosserba.com/

    ReplyDelete
  6. alaham dulilla saya sudah bisa melewati fase ke 4, sayangnya tidak lama dan akhirnya terbangun

    ReplyDelete
  7. Ternyata ada juga yg uji coba dengan mimpinya sendiri. saya terkadang mengalaminya, dan berhasil membiarkannya untuk bisa menembus fase ini, dan ternyata benar, saya bisa mengontrol apapun yg saya mau di mimpi itu. Suatu hal yang menyenangkan. biasanya sering ku alami saat tidur pagi antara pk. 05.0 - 07.00

    ReplyDelete
  8. cuy.. kalo udah masuk fase lucid dream, cara masuk k mimpi orang lainnya gmana ? ko ga dijelasin ??

    ReplyDelete
  9. setiap mau masuk lorong selalu nongol hantu . kuntilanak pocong dan sebagainya terpaksa bangun da ... kalau giti mana bisa relaks

    ReplyDelete
  10. gan ane suka bisa/tau klw ane sdng mimpi...
    tapi pas ane ingin lakkan sesuatu yg ane mw, ane suka langsung terbangun. tp pdhl itu blm bangun msih mimpi... knapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya tau.. itu terjadi karena terlalu lelah. tidur terdiri atas tiga tahap, tahap mengantuk ringan, sedang dan berat. sehingga yg terjadi kita melangkaui tahap yang
      kedua. tahap kedua yg dimana memverikan respon ke otak bahwa kita sedang tertidur.. jadi seluruh oragan tubuh kita tertidur atau istirahat kecuali otak.. otak kita tetap bangun. sehingga kita masih persis seperti terbangun

      Delete
  11. saya terkadang mengalaminya, dan berhasil membiarkannya untuk bisa menembus fase ini, dan ternyata benar, saya bisa mengontrol apapun yg saya mau di mimpi itu. Suatu hal yang menyenangkan

    ReplyDelete
  12. chuY gmana cra ngeliat mimpi orang lain

    ReplyDelete
  13. ini udah lama bgt artikel yg gw cari..akhirnya dapet juga..thanks ya broww...

    ReplyDelete
  14. kalo saya pernah ,, baru terjadi tadi malam ,, jalan jalan ke mimpi orang :) cuma berasa 1-2 menit tiba2 pagi datang >.< saya hanya merasa bermimpi ,, dan saya sadar saya dedang bermimpi ketika saya mau melukai pipi saya ,, dan tidak berasa sakit sama sekali dan saya sadar itu mimpi ,, saat saya keluar dari mimpi saya melihat berbagai gambaran mimpi mimpi ,, entah itu nyata ato cuma bohongan ,, setelah beberpa detik menghilang lalu di susul suara ,, ( BANGUUUNNN !! UDAH PAGI INI !! ) :) ini nyata loh >.<

    ReplyDelete
  15. Benar saya gagal di fase 5 di situ gelap sekali dan gw bingung sekali trus gw terbangun ke alam nyata "sayang sekali"

    ReplyDelete
  16. Masih ragu ragu, aku mau lewatin fase ke4 :v
    aku selalu berusaha untuk bangun karena ketakutan :3 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah berhasil belum juliano melewati fase 4?

      Delete
  17. iya betul fase ke 4 adalah fase yg paling mengerikan.. kalau yg saya rasakan bukan hanya di ganggu suara tp serasa sesak dn kaya di tarik tarik

    ReplyDelete
  18. terimakasih,,,
    saya sudah berhasil mengontrol mimpi saya sendiri,,,
    Kesimpulan yang paling mudah yg saya alami :
    1.saat dalam mimpi apapun. ingat bahwa kita ingin terbangun dalam mimpi kita.. dan saat itu pula saya berhasil bangun dan bisa melihat badan saya sedang tertidur pulas,, kemudian keluar lagi bayangan bertanya,, saya melihat diri saya tertidur,, lalu siapa saya??? kemudian saya berfikir mungkin saya sudah berhasil mengatur mimpi saya sendiri...
    2. saya coba berjalan keluar rumah dan membayangkan visual bahwa saya bisa terbang... dan itu berhasil,,, lalu saya membuat visual kembali saya ingin berada d rmah pacar saya dan memeluk erat dia saat tertidur,,, ke esokan harinya saya berniat untuk menanyakan mimpi saya smalam kepada kekasih saya,,, ternyata pacar saya bilang lebih dulu " yank .. smalem aku mimpi kamu melukin aku tidur " -_- mungkin itu bekerja,,, terimakasih buat artikel ini!

    ReplyDelete
  19. Kesimpulan yang saya dapat :
    -Kita bukan melihat mimpi orang lain, tapi kita berada dalam mimpi orang itu!
    kalo dalam sebuah magic / apalah itu sejenisnya itu di sebut
    [Memisahkan Hodam dan hawa murni kita dari diri kita] dan yang mengunjungi mimpi orang lain itu ada Hodam kita!

    ReplyDelete
  20. Yang saya tahu pengertian diatas merupakan ilmu Rogo Sukmo yang sangat terkenal ditanah Jawa. Dimana Roh Lawwamah kita memisah dengan tubuh kita. Maaf apabila salah pengertian

    ReplyDelete
  21. saya pernah lebih 3X seperti itu, masuk dalam ruangan gelap, diganggu jin hitam yg besar terus saya pernah mengalami kejadian dimana mimpi atau bukan yg jelas saya bisa melihat saya sedang tidur dan saya menjelajah mimpi yg saya suka, tp kayaknya dak tidur karena saya bisa berfikir saat itu dan saya sadar betul saya di alam mimpi dan ini lagi saya pernah sekali dapat melanjutkan mimpi yang terpotong pada saat saya bangun tidur beberapa menit dan mimpi lg dengan topik sama (kelanjutan dr mimpi 1). tlg di bantu, emang _nya ada apa dengan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama om,, pernah jg gini... BIngung...
      Malahan mimpi sering kejadian jg pernah... ahahahah

      Delete
  22. Saya ingin melatih diri, tp saya orangnya penakut.
    Walau udah baca artikel dan komen² dari semua teman, yang belum saya paham, bila sudah masuk fase 4 atau 5, bisakah kita bangun?
    Saya takut kl gk biasa :D
    Mungkin nyobanya kalo ada yg nemenin kl ya. Seorang penjaga hahahahaahahaha
    Kl gk, aduuh gk berani dech saya

    ReplyDelete
  23. iya benar banget.. saya sering mengalami sleep paralyz dan membayangkan penglihatan saya jelas kembali

    ReplyDelete
  24. Artikel ini udah sempet tren thn 2005 sering dilakukan dan diperbincangkan. Di prancis udah dilakukan uji coba antara sahabat yg janjian ktemu di alam mimpi..dan hasilnya 90%berhasil. Uji coba ini di buat acuan para pesulap magicster ternama. Salah 1nya chris angel.
    Kalo pengalaman sy udah pernah brhasil lbh dari 10x sampe ktagihan hihi. Saran sy jgn mencoba pada saat sikon anda dalam keadaan benar2 capek. Tpi sesuaikan saat berada pada keduanya antara capek dan tidak.
    1.Tips utk panjenengan yg ktemu kya penampakan pada fase 3 or 4 brrti ktahuan sbelum tidur dia ga doa dulu.
    Mnurut pngalaman sy sbenarnya apa yg qt lihat pada fase penampakan seperti hantu sbenarnya itu adalah real!! Karna qt mau nerobos ke hukum alam. Otomatis juga lewati alam yg lainnya. Latihan ini sperti halnya kalo qt berpuasa..pasti ada cobaan kan? Sama sperti alam ini..ga usah takut ga bisa bangun perkara penampakan. Cz itu ga ada

    perhatikan!!..ktika kalian udah sampe k fase 4 yg keluhannya ada penampakan , gelap, naik turun, pasti panik kan? Nah kalian ga bikin seolah2 badan kalian lemes alias pasrah. Kalo udah pasrah alias ga dilawan justru hanya berlangsung 3detik dan setelah itu cuma ada goyangan+gelap. Kalo udah .. sepintas kalian akan melihat kamar dan diri kita yg lagi bocik. Trus ter'alihkan lagi ke sebuah cahaya. Dan itulah titik temunya sodara sodari welcome to my dream. Tinggal main pikiran misalny, tujuan anda mau ke jakarta silahturahmi k rumah sodara maka andapun lgsg diarahkan ksana.

    Ilmu atau pelajaran ini biasanya sy gunakan utk cari barang2 penting sy yg hilang misalnya hp jatoh atau ktinggalan letak persisnya kya apa dan dimana. Inget catatan soal pasrah..definisi N Contoh N ciri2 pasrah ga perlu dijelasin kan? Hanya butuh wkt 3detik jgn dilawan ataupun badan makin tegang. Tapi lemas dan pasrah. Good luck. Slamat mencoba. ,

    ReplyDelete
  25. Saya malah pernah tertidur tetapi masih bisa melihat keadaan sekitar saya. Saya cerita kepada kakak saya sambil rebahan. Saya katakan kalau saya sering tidur tetapi seperti terperangkap, karena saya tidak bisa berkata atau menjerit. Dan tiba-tiba saja keadaan itu berlaku tepat dihadapan kakak saya, saya coba meronta untuk di bangunkan tetapi kakak saya tetap melihat saja padahal saya sepertinya sudah menjerit minta tolong. Lalu setelah beberapa menit iapun membangunkan saya. Dan saya ceritakan kejadian yang baru saja terjadi.

    ReplyDelete
  26. Kalau saya mah.sering di duduki jin..hampir tiap mlm mlah.tp aq mah cuma berzikir aja.wlw suara taq bisa keluar dan taq terdengar sm kwan di samping..mimpi pun aneh2 n serem2...aqxmah uda biasa.

    ReplyDelete
  27. Saya ga paham , padahal pengen coba

    ReplyDelete
  28. Apakah aneh jika seseorang setiap tidur selalu mengalami mimpi...entah itu tidur siang atau malam,tidur panjang atau sebentar ??
    Saya merasa aneh..

    ReplyDelete
  29. Wah fase 4 itu dalam bayangan saya mengerikan sperti di kejar kejar ama 100000 zombie. ah pkoknya memngerikan......

    ReplyDelete
  30. Wah fase 4 itu dalam bayangan saya mengerikan sperti di kejar kejar ama 100000 zombie. ah pkoknya memngerikan......

    ReplyDelete
  31. Nice post,,nice komen.kl kontrol dah berhasil,,pi seringnya gk lama trus lepas lagi.ma yg nyambung mimpi part 1 ke part 2 tu jg dah pernah,,pi gimana teorinya y,,searc d google nggak keluar "cara menyambung mimpi"hehe

    ReplyDelete
  32. makasi buat artikel nya.

    pengen nyoba akh,, syp tau berhasil.. amiinn..

    ReplyDelete
  33. Saya selalu kesusahan utk melakukan Lucid Dream.

    ReplyDelete
  34. kalok aku ada jeritan dan tubuh langsung meronta gak tahan seperti telinga di penuhi suara jerita dan ketika itu aku berusaha bangun

    ReplyDelete
  35. Saya gak nyangka ternyata tidur seperti itu ada kelbihannya. Sejak umur 8 tahunan saya selalu mengalami hal itu. Dan itu sangat mengerikan. Tidur diantara sadar dan tidak. Bertemu dengan makhluk2 menyeramkan. Leher serasa tercekik. Walaupun sudah menjerit sekuat tenaga tapi tidak ada yg menolong. Padahal telinga saya bisa mendengarkan semua bunyi atapun suara orang lain yg sedang berada disekitar. Terkadang serangan itu berlangsung beberapa kali. Ketika serangan pertama datang dan saya berusaha untuk bangun tapi saya terlambat untuk terjaga karena mata saya terlalu berat utuk dibuka dan akhirnya saya kembali lagi ke alam mengerikan itu.dan saya berusaha sekuat tenaga berdoa untuk bisa tersadar. Dan saya selalu tersadar dalam keadaan tercekik kehabisan nafas . Nafas tersengal. Muka merah. Dan pernah teman sekamar sy sewaktu tinggal diasrama melihat mata saya tidur dengan mata terbelalak dengan hanya terlihat bola mata saya yg putihnya saja ketika serangan itu saya alami . Sungguh pengalaman yg sangat mengerikan karena itu saya alami bahkan hampir sampai bertahun2. Dan saya bersyukur sekarang ini saya sudah tidak mengalaminya lg. Tp setelah membaca artikel ini saya jd kaget tidur seperti itu ternyata ada manfaatnya. Saya ingin masuk ke mimpi orang lain. Tp saya terlalu takut kl harus mengalami hal semacam itu lg

    ReplyDelete
  36. Saya pernah coba, tapi saat masuk ke tahap sleep paralysis saya membayangkan hal-hal yang aneh seperti hantu. Dan karena saya takut hantu saya akhirnya membayangkan yang datang itu karakter anime. Saya mulai bisa mengontrol sekitar saya dalam kondisi sadar. Mengapa saya bisa melakukan lucid dream tanpa melewati fase 5?

    ReplyDelete
  37. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    ReplyDelete